Keliling Dunia : Singapura

Teh dan Roti - Wah tidak terasa sebentar lagi sudah musim panas dan itu artinya liburan panjang akan segera tiba. Tapi, kalau di Indonesia ga ada istilah musim panas, soalnya hampir di setiap bulan panas mulu dan sisanya musim hujan. 

Jadi, bagi kamu yang pengen jalan-jalan ke luar negeri tidak ada salahnya kamu memilih negara Singapura menjadi destinasi kamu. Disamping jarak yang dekat dari Indonesia, Singapura juga memiliki berbagai tempat-tempat wisata yang harus kamu kunjungi dan dijamin kamu tidak akan menyesal.

Pengen ke Singapura? TDR sudah menyiapkan rangkuman dan data-data yang kamu perlukan dan tips-tips liburan ke Singapura.



Mata Uang : 
Dolar Singapura (1 SGD = RP. 9.830)

Kalimat Sapaan/Salam : 
Hallo! Ni Hao!

Estimasi Tiket PP : 
Rp.750.000

Hotel Terkenal : 
Royal Plaza on Scotts (Hotel bintang 5), Singapore Marriott Tang Plaza Hotel (Hotel bintang 5).

Makanan Terkenal :


1. Uncle ice cream

Uncle ice cream

Kalau kamu ke Singapura, jangan pernah melewatkan jajanan yang satu ini. Yap, namanya adalah Uncle Ice Cream yang dimana menjadi panggilan untuk para penjual es krim yang menggunakan gerobak dan karena penjualnya rata-rata sudah berumur maka disebut uncle.

Es krim ini dapat kita jumpai hampir di setiap sudut kota Singapura, seperti Riverside, Orchard dan juga di kawasan Marina Bay.

Es krim ini sepotongnya dipatok dengan harga rata-rata 1 SGD.

2. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh

Kalau kamu pengen mencoba makanan yang berbau sup, maka Bak Kut Teh adalah pilihan yang paling tepat. Biasanya bahan daging ini dari babi dan ada juga yang dari bahan lain seperti sapi.

3. Kaya toast

Kaya toast

Makanan ini paling cocok kalau menjadi menu kamu di pagi hari. Kebanyakan orang Singapura sarapan dengan roti panggan tipis yang disajikan dengan santan dan gula ini. Teh atau kopi kental menjadi pendamping yang sempurna ketika menikmati makanan ini.

Tempat Wisata Populer :

1. Patung Merlion dan Gedung Esplande

Patung Merlion dan Gedung Esplande

Yap, patung ini menjadi simbol bagi Singapura. Hampir setiap orang yang pernah ke Singapura pasti mengunjungi tempat ini. Patung ikan berkepala singa ini menjadi ikon terkenal bagi Singapura dan di depannya adalah gedung Esplande yang biasa disebut sebagai gedung mata lalat..

2. Sentosa Island

Sentosa Island

Kalau kamu mencari kota yang mempunyai pertunjukan kelas dunia, resort mewah, pusat hiburan, museum, kuliner dan semua hal-hal yang spektakuler maka pulau ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Semuanya dapat kamu temui disini, mulai dari Casino mewah bahkan sampai Universal Studio ada disini. Saya rasa, 1 hari tidak akan cukup untuk menjelajahi seluruh tempat ini.

3. Singapore Flyer

Singapore Flyer

Jangan sampai kamu tidak mengunjungi tempat wisata kali ini, yaitu Singapore Flyer. Ini merupakan sebuah wahana roda raksasa yang terdapat di pinggiran kota. Kamu dapat melihat keindahan kota dari ketinggian 165 meter yang tidak akan kamu lupakan.

4. China Town

China Town

Bagi kamu yang ingin berbelanja khususnya barang-barang yang berciri khas budaya China maka kamu harus mengunjungi tempat ini. Banyak sekali yang dijual ditempat ini, seperti obat tradisional China, baju khas China dan juga restaurant Chinese Food yang akan menggugah seleramu.

Tempat ini buka mulai pukul 11.00 - 23.00 dan tempat paling terkenal disini adalah People's Park yang dimana merupakan pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup terjangkau. 

5. Garden by The Bay

Garden by The Bay

Bagi kamu yang menyukai taman, kamu harus mengunjungi The Bay. Taman ini terletak di jantung kota Singapura dan taman ini merupakan salah satu dari 10 taman terbaik di dunia. Di taman ini akan banyak sekali kamu jumpai koleksi tanaman langka yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Taman ini juga baru saja dianugerahi penghargaan International Thea Awards tahun 2014 silam untuk penghargaan Luar Biasa - Taman Botani yang oleh Themed Entertainment Association.  

6. Orchard Road

Orchard Road

Untuk kamu penggila belanja kelas atas, tentu Orchard Road merupakan tempat yang akan kamu kunjungi karena di sepanjang jalan ini terdapat mall megah yang mungkin akan membuat kamu sulit untuk memilih. Berbagai merek fashion ada disini, mulai dari merek internasional sampai domestik ada disini.

Tapi bukan hanya perbelanjaan yang ada di tempat ini, kulinernya juga tidak kalah terkenalnya. Di sini terdapat banyak variasi makanan mulai dari makanan tradisional sampai makanan cepat saji.

7. Singapore Zoo

Singapore Zoo

Ini dia tempat yang menarik dan pas untuk kamu kunjungi dengan keluarga tercintamu. Kebun binatang ini memiliki spesies yang bisa dikatakan jarang ditemukan di kebun binatang Indonesia.

Setelah matahari terbenam, kamu dapat menikmati suasana yang cukup berbeda di Night Safari dimana kamu dapat menjelajahi satwa-satwa langka ini di malam hari. 

Rute ke Singapore Zoo :
Silahkan Naik MRT ke Choa Chu Kang Station (NS4), kemudian naiklah bis SMRT 927 yang langsung membawa kamu ke kebun binatang.

Harga Tiket : 18 SGD untuk dewasa dan 9 SGD untuk anak umur 3-12 tahun.

Harga Tiket Night Safari : 22 SGD untuk dewasa dan 15 SGD untuk anak-anak.

Jam Buka : Singapore Zoo 08.30 – 18.00, Night Safari 19.30 – 23.00.

8. Bugis Street

Bugis Street

Kalau di Jakarta ada yang namanya Mangga Dua, nah di Singapura juga ada Mangga Dua versi mereka yaitu Bugis Street. Disini kamu bisa menemukan barang-barang yang harganya cukup terjangkau. Tempat ini setiap harinya selalu penuh dikunjungi orang-orang. Saat ini, sudah hampir 800 gerai yang ada di Bugis Street yang membuat menjadi pusat perbelanjaan jalanan di Singapura.

9. Kampong Arab (Arab Street)

Kampong Arab (Arab Street)

Kalau kamu pengen tempat untuk perbelanjaan yang bernuansa Islami,maka kamu haru ke Kampong Arab (Arab Street). Di sini kamu dapat menemukan penjual songkok, Al'Quran, pernak-pernik muslim, sajadah dan di Kampong Arab juga menjadi salah satu pusat tekstil di Singapura. 

Selain terkenal dengan perbelanjaannya, tempat ini juga terkenal dengan arsitektur bangunan Mesjid yang bernama Sultan Mosque dan kelejatan makanannya.

10. Raffles Landing Site

Raffles Landing Site

Bagi kamu yang menyukai tempat yang bersejarah, kamu harus mengunjungi tempat ini. Di tempat patung inilah yang menjadi tempat pendaratan pertama Gubernur Singapore Sir Stamford Raffles. Untuk mengenang sang Gubernur, maka dibangunlah patung replika Sir Stamford Raffles yang berwarna putih. 

Patung aslinya terbuat dari bahan perunggu yang berwarna hitam dan terletak di Victoria Concert Hall, yang berjarak sekitar 500 meter dari tempat ini.

Dari tempat ini, kamu juga dapat menelusuri tempat menarik lainnya seperti Mesjid Omar Kampong Malaka, Clarke Quay, Kuil Tan Si Chong Su, Patung Merlion, Esplanade dan Asian Civilisations Museum.

Nah, itu dia data-data yang kamu butuhin kalau pengen ke Singapura. Kamu enggak bakalan nyesal deh kalau liburan di sini.

Silahkan share ke teman kamu yang ngebutuhin dan kalau jadi ke Singapuranya, TDR niti poleh-oleh ya!  












Previous
Next Post »
.