10 Tempat yang Membuktikan PAPUA adalah Surga Indonesia


"Only a Papua New Guinean, will know how it feels to be an Alien in his own country" -                                                                                  Main Man Nelo

Teh dan Roti - Indonesia sangat terkenal sekali dengan kekayaan flora dan faunanya. Indonesia yang merupakan negara tropis menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa sekali, termasuk Papua.

Papua sangat dikenal sekali dengan berbagai potensi alamnya yang unik, menantang dan bahkan ada juga yang belum pernah terjamah manusia.

Kalau ditanya tentang wisata alam di Papua, kebanyakan orang pasti menjawab Raja Ampat. Ya, Raja Ampat memang boleh dikatakan sebagai salah satu pantai dengan terumbu karang yang terbaik di dunia. Namun kali ini, kita akan mengesampingkan Raja Ampat dan fokus ke tempat yang lain. 

Tapi jangan salah Papua tidak hanya mempunyai Raja Ampat saja, masih banyak sekali tempat-tempat menarik lainnya yang harus kamu tahu dan bahkan kamu kunjungi.

Mau tau apa dan dimana saja tempat tersebut?

Silahkan duduk manis dan siapkan teh dan roti karena TDR akan memberikan kamu ulasan tentang 10 tempat yang akan membuktikan Papua adalah salah satu surga Indonesia.

1. Danau Sentani


Danau ini merupakan danau terluas di Papua yang terletak di Jayapura. Luasnya mencapai 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter diatas laut (dpl).

Salah satu yang menjadi perhatian di danau ini selain luasnya yaitu bahwa di dalam danau ini terdapat ikan biota laut yang langka, yaitu ikan gergaji (Pristis microdon). 

2. Danau Paniai


Danau yang satu ini terletak di distrik Paniai Timur. Boleh dikatakan danau ini merupakan salah satu danau terindah di Indonesia. Tidak salah kalau danau ini telah diakui oleh banyak utusan dari 157 negara, saat  berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang berlangsung di India pada tanggal 30 November 2007.

Danau ini mempunyai luas yang mencapai 14.500 hektar dan berada di ketinggian 1.700 mdpl. Jadi, tidak salah kalau kamu harus mengunjungi danau ini dan menemukan keistimewaan suku-suku yang berada di sana.

3. Pegunungan Jayawijaya


Nah, di Indonesia kamu bisa juga loh ngerasain bagaimana dinginnya salju. Ya, kamu harus mengunjungi pengunungan ini. Di sini saljunya tidak memiliki musim untuk ada, atau dengan kata lain, saljunya bisa dikatakan abadi. 

Pegunungan ini memiliki 6 puncak pegunungannya dan puncak tertinggi adalah Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang masuk dalam seven summit atau dengan kata lain salah satu puncak tertinggi di dunia.

4. Festival Lembah Beliem


Kalau kamu ingin menyaksikan sesuatu yang berbau etnik dan budaya, maka kamu harus datang untuk menyaksikan langsung festival Lembah Baliem.

Festival ini pada awalnya adalah merupakan acara perang antara berbagai suku,yaitu suku Lani, Dani, dan suku Yali yang disimbolkan sebagai lambang kesejahteraan dan kesuburan.

Acara ini berlangsung selama tiga hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus yang bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia.

5. Taman Nasional Lorentz


Taman nasional lorentz merupakan satu perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Puncak gunung ini diselimuti salju (5.030 meter dpl) dan menjadikannya taman nasional terbesar di Asia Tenggara.  

Taman Nasional ini tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999.

6. Taman Nasional Teluk Cenderawasih


Taman Nasional yang diresmikan tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan ini memiliki luas 1.453.500 hektar dan hampir 90% wilayahnya mayoritas perairan. Oleh sebab itu, Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia saat ini. 

Di Taman Nasional ini terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa kamu saksikan di alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan sekali.

7. Pantai Bosnik


Pantai lain yang wajib kamu kunjungi adalah pantai Bosnik. Pantai ini berada 15 km dari pusat kota Biak. Pantai ini terkenal dengan kejernihan airnya dan hamparan pasir yang luas.

Kamu bisa menikmati susana pantai yang tenang bersama keluarga tercinta kamu. 

8. Pulau Rumberpon


Pulau Rumberpon terletak di sebelah utara Kabupaten di Teluk Wondama, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari atau 5 jam perjalanan menggunakan kapal dari Manokwari.

Pulau ini memiliki garis pantai yang mencapai 6 km. Di pantai ini kamu dapat memancing dan snorkeling karena airnya juga sangat jernih.

9. Pantai Wari 


Pantai Wari ini terletak di Desa Yobdi yang terletak di Biak Utara. Pantai ini juga merupakan salah satu rekreasi pantai karena memiliki pasir putih yang bisa dikatakan sangat panjang dan terletak di pinggir jalan raya. Di pantai ini kamu dapat berenang dan juga dapat melakukan snorkling dan bersampan.

10. Pantai Amai


Kalau kamu pengen suasana pantai yang sangat tenang dan damai maka kamu harus mengunjungi pantai Amai ini. Pantai ini terletak di Distrik Depapre atau bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Jayapura.

Pantai ini bisa dikatakan relatif sepi namun itu tidak berarti kalau pantai ini tidak menarik.
Di ujung pantai terdapat muara yang mempertemukan air asin dan air tawar

Nah itu dia ke-10 tempat-tempat yang membuktikan kalau Papua itu merupakan salah satu surga di Indonesia. Namun masih banyak tempat lain yang tidak kalah menariknya di Indonesia tentunya.

Jangan lupa bagi pengalaman kamu di kolom komentar dan jangan lupa untuk di share juga ya.

Terimakasih.
Previous
Next Post »
.